Pondasi Bisnis yang Kokoh vs Lemah

Setiap orang ingin punya pondasi bisnis yang berhasil, baik dari segi omset, profit maupun pencapaian prestasi tertentu.

Namun untuk memenuhi kriteria keberhasilan di atas, Anda mesti membangun pondasi bisnis yang kokoh untuk jangka panjang.

Usahakan jangan asal mengikuti arus trend yang lagi ramai. Kalau bisnis yang lagi ramai tersebut bisa menciptakan pondasi yang kokoh untuk jangka panjang, maka silahkan ambil.

Jika bisnis tersebut terlihat ramai namun prosesnya instan, biasanya pondasi bisnis seperti ini lemah.

pondasi bisnis
Membangun pondasi bisnis sukses dimulai dari membangun tiang pancang & bore pile agar bangunan bisnisnya kokoh untuk jangka panjang.

Bagaimana Membedakan Pondasi Bisnis yang Kokoh untuk Jangka Panjang vs Lemah?

*Berikut ciri-ciri Pondasi Bisnis yang kokoh untuk jangka panjang:*

1). Adanya kebutuhan pasar yang terus-menerus terhadap suatu produk/jasa, bukan musiman.
Note:
-Produk BP Grup memenuhi ciri ini.
-Karena merupakan produk kesehatan tubuh & perawatan wajah, maka Produk BP Grup akan dibutuhkan terus-menerus selama ada manusia yang bidup.

2). Riset kebutuhan pasar produk tersebut dari yang umum hingga spesifik.

Misal, jika ada produk utama & produk turunannya yang dibutuhkan orang banyak, maka silahkan ambil.
Riset ini akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan media online dengan alat Riset Google Keyword Planner (Alat GKP). Link untuk alat Riset GKP ini adalah : https://ads.google.com/intl/id_id/home/tools/keyword-planner/

Selain mengetahui jumlah pencarian atau jumlah target pasar kita, hasil riset GKP juga bisa diolah untuk mengetahui POTENSI OMSET per bulan. Wuiihhh, canggih ya..!

Hasil riset kami dengan alat GKP menunjukkan potensi Omset Produk BP 1% saja dari pencarian di Google nilainya lebih dari Rp. 2 milyar/bulan. Dan potensi omset terkecil sekitar Rp. 25 juta sebulan.

Note:
-Produk BP Grup memenuhi ciri ini.
-Produk kesehatan BP dimulai dari 4 khasiat utama yaitu IKAD (Imunitas tubuh, Kolesterol, Asam Urat, Diabetes), lalu berkembang secara spesifik dengan menciptakan produk khusus yang berkhasiat untuk tulang, nyeri sendi, susah tidur (insomnia), kesehatan mata dll.

3). Ada proses yang wajib dilewati step by step untuk menciptakan bisnis menjadi besar (bukan instan).

Bisnis yang kokoh untuk jangka panjang diciptakan melewati perjuangan yang berliku, bukan instan. Banyak bisnis yang diciptakan dengan instan alias cepat lalu dalam waktu singkat bisa terlihat besar. Sebenarnya itu bukan bisnis yang kokoh untuk jangka panjang. Tapi bisnis yang dipaksakan supaya terlihat kokoh. Padahal pondasinya lemah. Begitu ada masalah krusial di pucuk pimpinan, maka bisnisnya bisa bubar.

Contoh nyata dari Bisnis yang dipaksakan besar dalam waktu singkat adalah Bisnis Market Place (Bisnis MP). Mereka terlihat besar dalam waktu singkat, namun sebenarnya pondasinya tidak kokoh.

Bukan hanya Bisnis inti MP nya yang lemah, tapi juga para Seller yang bergabung tidak kokoh ilmunya.

Buktinya Bisnis inti MP itu lemah adalah jual-beli saham atau nilai kapital perusahaan untuk dijual kembali kepada investor yang berminat. Jika nilai kapital perusahaan MP terlihat besar & harga sahamnya naik di pasar modal, maka besar kemungkinan investor tertarik untuk “menyuntikkan dana”. Perhatikan, ini bukan profit, tapi dana yang disuntik investor supaya modal perusahaan MP semakin besar. Perkara profit itu belakangan (istilahnya bakar duit dulu bertahun-tahun).

Namun ketika suatu saat nilai saham perusahaan MP tersebut anjlok, atau ada gejolak ekonomi global yang menyebabkan investor menarik dananya, atau belum ada lagi investor baru, maka goyahlah perusahaan MP tersebut. Ada perusahaan MP yang gulung tikar, ada juga yang masih bertahan namun dengan kebijakan PHK karyawan & pemotongan fasilitas untuk menghemat anggaran. Contoh nyata baru-baru ini adalah MP Shopee yang menutup operasionalnya di 5 negara dan PHK karyawan termasuk Shopee Indonesia.

Lalu apa buktinya kalau Seller itu lemah di MP? Coba saja suruh mereka mendatangkan trafik pengunjung sendiri ke toko MP nya. Suruh manajemen MP stop iklan di televisi dan media lain. Apakah para Seller bisa mendatangkan pembeli sendiri? Pasti mereka kelabakan.

Selama ini mereka hanya bekerja sebagai orang yang memfollow up Pengunjung yang datang ke MP, hasil dari iklan manajemen MP yang jor-joran. Para Seller tidak belajar dari awal mendatangkan pengunjung (prospek). Jika suatu saat perusahaan MP tersebut tutup, maka para Seller akan mati kutu alias MATI GAYA. Mereka tidak tahu cara merintis dari awal untuk menciptakan database prospek. Inilah yang Saya sebut pondasi bisnis mereka tidak kokoh alias instan.

Note:
-Bisnis BP Grup memenuhi ciri ini.
-Bisnis Para Mitra BP bisa tumbuh besar karena adanya proses yang bertahap, step by step, one by one. Tidak ada istilah arahan cara instan untuk menjadi Pengusaha Sukses BP. Semunya butuh proses.
-Untuk jadi Distributor saja tidak bisa langsung instan meskipun punya modal puluhan juta rupiah. Harus melewati pembuktian jualan jadi Agen selama beberapa bulan atau tahun. Minimal bisa menjual 100 botol BP per bulan dan itu harus melewati beberapa bulan penilaian. 

4). Ada Mentor atau Guru atau Komunitas untuk belajar dengan terarah sampai sukses.

Tanpa bimbingan Mentor atau Guru atau Komunitas, kita akan banyak melalui masa trial eror. Masa trial eror sendiri itu sangat panjang, melelahkan, dan memakan biaya yang banyak. Selain itu, arah suksesnya belum jelas karena belum ada contohnya.

Note:
-Di bisnis BP, arah suksesnya sudah jelas. Karena ada bukti Mentor/Guru yang telah berhasil duluan. Kita tinggal ikuti gerbong suksesnya saja, ikuti pola kerjanya, dan sabar menjalankan bisnisnya step by step. Insya Allah kesuksesan sudah di depan mata. Tak lama lagi kok….!

*Adapun ciri-ciri bisnis yang lemah untuk jangka panjang adalah kebalikan 4 poin di atas:*

1. Kebutuhan produknya musiman, bukan untuk jangka panjang.

2. Kebutuhan pasar belum jelas seberapa besarnya. Bahkan tidak ada produk turunannya. Potensi omset pun belum ada gambarannya.

3. Bisnisnya dijalankan dengan instan, pelakunya tidak mau melewati proses step by step untuk membesarkan bisnisnya.

4. Tidak ada Mentor, Guru, ataupun Komunitas yang membimbing. Resiko trial eror sangat lama waktunya & mengeluarkan anggaran yang banyak.

Jika Anda belum mempunyai bisnis yang kokoh untuk jangka panjang, atau pernah menjalankan bisnis namun gagal berkali-kali, ada baiknya mulai berpikir untuk membangun bisnis yang kokoh untuk jangka panjang bersama kami.

Jangan hanya mengikuti arus yang lagi ramai, tapi pilihlah yang sesuai passion dan bisa memperkuat pondasi bisnis Anda untuk selamanya. Lebih bagus lagi bisnis yang bisa diwariskan kepada anak-cucu.

Insya Allah Bisnis BP Grup sudah memenuhi pencarian Anda untuk membangun bisnis yang kokoh untuk jangka panjang. Dan bisa diwariskan ke anak-cucu.

Kami tunggu Anda bergabung di Komunitas BP Grup-Bee Corps RWP. Buktikan!

Semoga bermanfaat.

*Davit Putra*

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)