Pelajaran Berharga dari Badai PHK Shopee

Pelajaran Berharga dari Badai PHK Shopee

Badai PHK Shopee

Berita hangat yang beredar akhir-akhir ini adalah gunjangan badai PHK Perusahaan induk Shopee di Singapura, Sea Limited. PHK Shopee melanda hampir di semua negara di mana Shopee beroperasi. Di Indonesia ada ratusan karyawan Shopee yang di-PHK mendadak. Ada banyak karyawan Shopee yang curhat di internet. Mereka merasa kaget, menangis, sedih, dan bingung karena di-PHK dengan pengumuman hanya dalam 1 hari.

Bahkan Shopee menutup usahanya di 6 negara karena sudah tidak sanggup dipertahankan lagi: India, Perancis, Chile, Meksiko, Kolombia dan Argentina. Bukan tidak mungkin, penutupan Shopee juga terjadi di Indonesia jika kondisi keuangan induk perusahaan Shopee, Sea Limited, tidak kunjung membaik.

Sea Limited (Sea Group) adalah perusahaan yang didirikan oleh Forrest Li, salah satu Pengusaha terkaya di Singapura. Perusahaan ini membawahi 3 anak perusahaan yaitu Ecommerce Shopee, Pengembang Game Garena, free fire, dan perusahaan bidang digital finance.

Menurut Tim Riset CNBC Indonesia, jika induk Shopee masih harus menanggung kerugian sebesar US$ 2 Miliar per tahun saja dan tak mendapatkan suntikan dana segar dari investor, maka kas perusahaan hanya mampu menanggung operasional Shopee dan anak usaha yang lain selama 4 tahun saja. Sejak bulan Oktober 2021 sampai September 2022 ini, Perusahaan Sea Group telah merugi & kehilangan Valuasi Pasar Rp. 2.465 Trilyun (Bisnis Indonesia-red.).

Woww…cckk..ckkk…gede banget ya nilainya. “Nilai valuasi ditentukan dari aset keuangan dan juga kinerja perusahaan”.

“Sepanjang 2022, badai PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) di sektor startup terus bergulir. Bahkan menurut data dari TrueUp Tech, sejak awal tahun hingga saat ini, lebih dari 120.000 karyawan startup global yang kena PHK”.

Saatnya Membangun Fondasi Bisnis Digital Sendiri

phk shopee dan digital marketing
PHK Shopee mengajarkan kita untuk membangun Bisnis Digital Marketing yang Mandiri.

Membaca berita PHK “mengerikan” di atas, sudah saatnya kita memiliki Bisnis yang mandiri & kokoh yang tidak tergantung dari investor asing.

Ini merupakan alarm bagi teman-teman yang menjadi Seller di berbagai Market Place seperti Shopee: jangan jadikan jualan di Market Place sebagai sandaran utama. Awalnya kelihatan besar, namun di ujungnya bisa saja rapuh!

Kalau Market Place tutup, tutup pula usaha teman-teman yang tidak memiliki fondasi Bisnis Digital sendiri. Bisnis di Market Place mendidik konsumen jadi manja, mau menang sendiri dg harga murah plus free ongkir lagi. Dan mendidik Seller jadi pasif hanya menerima konsumen yg datang hasil iklan jor-joran MP yang bakar duit. Seller gak tahu cara Promosi mendatangkan Pengunjung, mengumpulkan database, dll. Begitu MP tutup, Bisnis Seller jadi rapuh. Atau bahkan tutup juga.. 

Peluang Bisnis Mandiri dan Kuat

competetive advantage bisnis bp

competetive advantage bisnis bp
BP Grup & RWP Grup Indonesia membuka peluang bisnis jangka panjang.

Kami dari BP Grup & RWP Grup Indonesia membuka peluang untuk memiliki Bisnis yang Mandiri & Kuat untuk jangka panjang. BP Grup menyediakan produk unggul dengan competitive advantage skala internasional. RWP Grup Indonesia menyediakan Pelatihan Digital Marketing yang sudah berpengalaman 12 tahun membina 20.000 murid lebih.

Berbeda dengan Bisnis Market Place yang tidak bisa diwariskan sistemnya, maka Bisnis yang Kami kembangkan bisa diwariskan kepada anak-cucu. Awalnya kelihatan kecil, namun di ujungnya bakal kuat, gagah, dan mandiri..! Sudah banyak yang sukses di BP dengan omset puluhan juta, ratusan juta hingga milyaran rupiah. Semua itu dimulai dari bawah. Pondasi bisnisnya kuat & ilmu kita ditambah terus dalam Bisnis BP ini.

Komunitas BP memiliki mentor yang selalu siap membimbing Para Mitra BP baru. Kesuksesan akan kita rasakan juga dalam Bisnis BP ini asalkan mau ikut gerbong kesuksesan yang telah dibangun Foundernya, Ippho Santosa. Tidak ada janji muluk diskon besar-besaran seperti Market Place yang memikat konsumen. Kami menjual dengan logika bisnis ril. Menjual untuk mencari profit & keberkahan dalam bisnis.

Tidak ada bisnis “bakar duit” seperti Market Place yang potensi ruginya sangat tinggi. Kami ditanamkan bisnis dengan bakar semangat dengan tujuan untuk 3A:

1. Allah & rasulnya.
2. Anak & keluarga.
3. Amal jariyyah.

Apakah Sobat tertarik menjadi Mitra Bisnis BP Grup yang semakin membesar ini?

Yuks join menjadi Mitra Kami. Insya Allah full bimbingan sudah menunggu Sobat…!

Davit Putra.

——————

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)